Marquee Player

Istilah marquee player muncul kembali sejalan dengan bergulirnya Liga Primer Indonesia (LPI), kompetisi anyar yang saat ini masih berbenturan dengan PSSI. Sebagai ‘pemain baru’, baik LPI maupun tim-tim yang mengikuti liga tersebut membutuhkan jasa marquee player untuk mengangkat nilai jual sekaligus memperkuat tim mereka.

Marquee menurut kamus Webster artinya ‘tempat berteduh seperti atap di muka pintu sebuah bangunan’. Dulu marquee biasanya merupakan bangunan tambahan yang terbuat dari terpal tenda kedap air, bentuknya melengkung ke atas seperti kanopi. Posisinya berada tepat di atas trotoar. Lantas bagaimana kata itu bisa meluas maknanya menjadi seperti dalam frase marquee player di atas? Begini ceritanya.

Kata marquee populer pertama kali di Amerika. Menurut situs etymonline, kata ini diambil dari bahasa Prancis marquis (bangsawan, orang terhormat). Konon para bangsawan bila menyaksikan suatu acara di tempat terbuka selalu berada di bawah tenda untuk menghindari cuaca panas atau hujan. Di samping itu, tenda tersebut juga menandakan statusnya sebagai orang penting, orang terkenal. Orang awam atau rakyat jelata berdiri di luar tenda. Karena itu, tenda atau kanopi tersebut dinamai marquee.

Istilah ini menjadi umum di Amerika. Di depan pintu hotel, kelab malam, dan gedung publik lainnya marquee dipasang. Demikian pula di gedung-gedung pertunjukan.

Nah, di marquee gedung pertunjukan atau teater itu biasanya dipasang pula nama bintang opera atau bintang film (berikut posternya) sebagai daya tarik agar orang yang lalu lalang melintasi marquee menjadi ingin menyaksikan opera atau film tersebut. Lama-lama, orang menyebut aktor atau aktris yang terpampang namanya di marquee sebagai marquee name atau marquee player. Kerap kali orang mau menonton film bertanya dulu who is the marquee player alias siapa yang menjadi bintangnya. Bila sang bintang berkenan di hatinya, maka menontonlah ia. Begitulah ceritanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: