Supersub

Supersub adalah pemendekan dari super substitute ‘pengganti super’. Sebelum berkembang menjadi terminologi umum untuk seorang pemain pengganti atau cadangan super, awalnya supersub adalah sebuah julukan untuk pemain klub Liverpool yang aktif bermain pada rentang waktu 1970-80-an, David Fairclough.

Dalam tahun debutnya, Fairclough membukukan 14 penampilan, sembilan di antaranya sebagai pemain pengganti. Yang membuat namanya mentereng, ia mencetak tujuh gol krusial dalam menit-menit akhir pertandingan untuk membawa Liverpool meraih titel liga. Atas kontribusi penting tersebut, ia pun dijulukiSupersub.

Rupa-rupanya para pendukung Liverpool terinspirasi pinch hitter dalam olah raga bisbol saat melontarkan gagasan ini. Dalam khasanah bahasa Inggris, pinch hitter merujuk pada orang atau sosok penting yang dianggap bisa melancarkan suatu usaha, pekerjaan, atau percobaan dari sebuah situasi yang biasa disebutpinch-hit, yaitu keadaan darurat, mendesak, yang menuntut kehadiran seseorang demi kesuksesan usaha, percobaan.

Sumber:bolanews.com

 

Leave a comment