Penalti

Secara harfiah, penalty bermakna ‘hukuman, denda, sanksi karena lalai’. Begitulah yang terpapar dalamDictionary. com. Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Pusat Bahasa juga mencantumkan penalti sebagai ‘tendangan hukuman karena melanggar peraturan permainan di daerah depan gawang pada batas tertentu’. Di satu sisi membawa kerugian karena mengandung hukuman, tapi di sisi lain seolah memberikan keberuntungan bagi sebuah tim.

Kata atau istilah penalti merasuk dalam dunia sepak bola pada 1891 seiring terjadinya krisis di tengah laga Stoke City dan Notts. County di Inggris. Penyebabnya adalah defender City menghalau laju bola dengan tangan dalam sebuah kemelut di depan  gawang. Praktik ini dianggap telah menyalahi khitah sepak bola.

Kemiripan area, posisi, dan sanksi atas pelanggaran yang memengaruhi probabilitas gol sebuah tim ini mengintroduksi konsep penalty kick, tendangan penalti, dalam olah raga rugbi ke dalam sepak bola. Dengan penyesuaian dalam aturan sepak bola, penalty kick mulai diperkenalkan dalam permainan sepak bola dan menjadi entitas khazanah peristilahan bahasa Inggris ragam penulisan.

Kesimpulannya? Sekadar usul dan agar tak memunculkan kesimpangsiuran, sebaiknya biasakan mencantumkan frase tendangan penalti seperti yang dimaksudkan dalam ragam penulisan sesuai dengan karakter aslinya.

Leave a comment