Liga

Istilah liga, atau dalam bahasa Inggris league, sangat akrab di telinga. Di Inggris ada English Premier League, di Spanyol istilahnya La Liga, di Italia ada Lega Calcio, di Indonesia kita punya Liga Super Indonesia. Tanpa ada kata sepak bola di dalamnya, kita dapat langsung mengasosiasikan apa yang tersebut di atas berkaitan dengan sepak bola. Ya, tak dapat disangkal, sehubungan dengan tontonan sepak bola yang demikian semarak di televisi, kata ‘liga’ kini hampir selalu berkaitan dengan dunia olah raga, terutama sepak bola.

Menurut situs Etymonline, Istilah league berasal dari bahasa Prancis ligue, sekitar abad 15. Artinya kurang lebih aliansi, konfederasi, perkumpulan. Di Italia, liga disebut lega, berasal dari bahasa Latin, ligare, artinya ‘ikatan’. Dari kata ini pula istilah ‘ligamen’ berasal, yaitu jaringan otot pengikat antara tulang yang satu dengan tulang yang lain dalam struktur anatomi tubuh manusia.

Kamus Webster mendeskripsikan kata league sebagai ‘perkumpulan bangsa bangsa atau entitas politik yang memiliki tujuan bersama, ‘perkumpulan dari perorangan atau grup yang memiliki tujuan dan hasrat yang sama’. Dalam olah raga, liga berarti perkumpulan klubklub yang saling bertanding.

Jadi, liga sepak bola profesional dapat diartikan sebagai perkumpulan tim-tim sepak bola yang bertujuan mencari profit dari kompetisi yang mereka hadirkan. Saking eratnya hubungan antara liga dan kompetisi sepak bola dewasa ini, ada kecenderungan seolah-olah kata ‘liga’ adalah kompetisi itu sendiri. Kalimat ‘Si Anu menyaksikan Liga Inggris’ misalnya, yang dimaksud adalah menonton pertandingan yang dilakukan dua tim anggota Liga Inggris.

Padahal kata ‘liga’ tak selalu berkonotasi kompetisi. Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy), misalnya, adalah nama partai pimpinan Aung San Suu Kyi di Myanmar. Liga Arab adalah adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara Arab, yang bertujuan mengoordinasikan kepentingan ekonomi, politik, budaya di antara para anggotanya. Jadi, tak ada kaitannya dengan sepak bola.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: