Diving (Simulation)

diving adalah salah satu cara kontroversial yang dilakukan seorang pesepak bola untuk beroleh keuntungan. Si pemain bertindak pura-pura dilanggar lawan ketika berusaha berebut atau mempertahankan bola.

Menjadi lebih kontroversial lagi karena ada pula yang menganggap tindakan ini semata-mata adalah kecerdikan pemain.

Di Italia, kemenangan adalah hal yang utama, apa pun caranya, sehingga diving dinilai tak lebih dari usaha pemain untuk beroleh keuntungan buat tim. Tradisi diving di Italia ini lahir dari upaya penyerang memproteksi diri dari gaya bertahan (catenacio) yang berlebihan dalam sepak bola Italia.

Lain halnya dengan di Inggris Raya. Cara sebuah tim memperoleh kemenangan menjadi hal yang utama sehingga diving dianggap sebagai tindakan tidak terpuji.

Apa pun, diving umumnya dinilai sebagai tindakan tidak sportif alias menodai fair play.

Dari mana dan sejak kapan kata ini merambah dunia sepak bola tak dapat diketahui secara pasti. Divingberkorelasi dengan gerakan menjatuhkan diri layaknya seorang perenang atau penyelam menceburkan diri ke dalam air.

Namun, diving bukanlah istilah resmi yang dipakai FIFA. Badan tertinggi sepak bola dunia itu lebih memilih katasimulation. Kata simulation ini dapat kita temukan di Law of the Game yang dibuat badan tersebut.
Simulation berasal dari simulate, yang menurut kamus Webster defi nisinya adalah ‘berpura-pura dengan maksud menipu atau mencurangi’. Atas dasar itulah FIFA lebih memilih simulation alih-alih diving.

« »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: